Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

5 Cara Ampuh Mengatasi Sariawan Secara Alami

Cara mengobati sariawan

5 cara ampuh mengatasi sariawan secara alami – Siapa yang senang jika sariawan datang menghampiri Anda? Terlebih lagi apabila sariawan tersebut bandel dengan datangnya tiba-tiba.

Dengan melihat keadaan yang seperti ini, tentunya akan membuat penderitanya merasa terganggu dan kesal. Sebab ketika mereka ingin berbicara ataupun ingin mengunyah makanan, akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa.

Rasa nyeri tersebut, tentunya akan mengakibatkan sebagian besar dari mereka menjadi menurun selera makannya. Hal ini dikarenakan, mungkin saja mereka merasa “lebih baik untuk tidak makan dibandingkan harus merasakan nyeri ketika makan”.

Sariawan ini diibaratkan, seperti: terdapatnya luka kemerahan di bagian rongga mulut kecuali gusi dengan bentuk bulat atau oval. Dimana pada bagian bulatan ini, di bagian tengahnya berwarna putih, abu-abu ataupun kuning dengan sekelilingnya terdapat garis berwarna merah.

Sariawan dapat muncul dalam jumlah yang bervariasi,yakni bisa satu ataupun lebih, yang mana sariawan ini umumnya lebih sering terjadi pada bagian pipi, lidah ataupun bibir depan.

Penyebab utama sariawan ini pun tidak disangka-sangka, seperti halnya apabila ketika kita makan dengan tidak sengaja tergigit, tentunya dalam beberapa hari bekas gigitan tersebut akan berubah dengan timbul luka (sariawan).

Namun, penyebab sariawan ini juga didukung dengan Anda yang:

  • Berkekurangan vitamin C
  • Berkekurangan vitamin B 12 atau zat besi
  • Mengalami cedera, seperti tergigit, menggunakan behel atau kawat gigi ataupun memakan-makanan yang keras
  • Memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan pedas dan minuman kopi
  • Mengalami stress atau cemas
  • Memiliki sistem ketahanan tubuh yang lemah

Itulah beberapa penyebab yang diketahui bahwa seseorang dapat mengalami sariawan. Namun, satu hal yang penting bahwa sariawan merupakan sesuatu hal yang tidak mengenakkan. Sebab.. bukan hanya sakit saja yang dirasakan , tetapi juga rasa ketidaknyamanan.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Nah, untuk tidak membuat Anda semakin tersiksa dengan kehadirannya. Ada baiknya bila Anda coba mengobatinya dengan 5 cara alami yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah, yakni sebagai berikut:

  1. Menebarkan air larutan garam pada bagian luka

Air garam diketahui dapat meredakan luka pada sariawan. Tentunya hal ini apabila Anda lakukan dengan rutin, tentunya akan mempercepat proses penyembuhan pada luka. Yah, memang awalnya rasa perih yang akan Anda dirasakan.

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan:

  • Campurkan garam dengan takaran yang sesuai Anda inginkan ke dalam air hangat agar garam tersebut lebih cepat larut
  • Garam yang telah larut dalam air kemudian dikumur-kumur selama 30 detik
  • Setelah itu air garam yang dikumur dibuang atau dilepehkan
  • Lakukan dengan rutin 3x sehari
  1. Mengoleskan madu pada bagian luka

Madu diketahui dapat menyembuhkan sariawan. Hal ini bisa Anda coba dengan mengoleskan madu pada bagian lukanya. Seseorang yang sariawan, akan mengalami kondisi bibir yang kering. Untuk itu, madu juga bisa Anda manfaatkan dengan mengoleskannya ke bibir. Sebab, madu dapat membuat bibir tetap lembab.

  1. Teteskan sari lemon pada luka

Sari lemon dipercaya dapat mempercepat penyembuhan pada sariawan. Sebab, khasiatnya vitamin C nya begitu baik dalam memperlancar regenerasi mulut. Caranya cukup mudah, yaitu dengan Anda menetesan sari lemon ke bagian luka dengan rutin hingga sariawan berwarna pucat atau putih.

  1. Daun jambu biji

Sariawan diketahui dapa menyembuhkan sariawan. Hal ini bisa Anda buktikan dengan mengunyah beberapa lembar daun biji tersebut selama 30detik. Usahakan ketika mengunyah lebih ditujukan kepada bagian lukanya. Setelah selesau buang ampas daun tersebut.

  1. Air Kelapa

Air kelapa bukan hanya menyegarkan tenggorokan, namun juga dapat mempercepat penyembuhan luka sariawan. Untuk itu, selama Anda sariawan untuk rutin mengonsumsi air kelapa supaya sariawan cepat sembuh. Namun, untuk tidak Anda kurangi ya konsumsi air putih 8 gelas/harinya.

Baca juga informasi tentang 5 Cara Alami Menghilangkan Komedo.

Semoga informasi singkat tentang 5 cara ampuh mengobati sariawan ini dapat membantu masalah Anda yang sering menderita sariawan.

Source : medicinenet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.