Bagaimana Cara Penularan HIV AIDS?

Cara penularan HIV AIDSHIV adalah sebuah nama virus yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. Penyakit ini sangat mematikan bahkan tidak sedikit pula yang beranggapan negatif terhadap penyakit ini. Karena cara penularan dan terinfeksinya melalui aktivitas atau prilaku prilaku yang negatif, namun tidak semuanya. Penularan HIV AIDS ini patut diketahui agar dapat terhindar dan mengurangi resiko orang yang terkena HIV AIDS.

Cara Penularan HIV

Seperti yang dijelaskan diatas penularan hiv dapat berbagai jenis dan banyak yang melalui prilaku prilaku negatif seperti seks bebas dan penggunaan jarum narkoba secara bergantian. Namun tidak semua dapat tertular melaui prilaku tersebut, orang yang mendapatkan donor darah dari pendonor yang terinfeksi hiv maka diapun dapat tertular. HIV tidak mudah menyebar, hanya cairan tubuh tertentu yang dapat menularkannya antara lain :

– Darah

– Sperma

– Cairan Vagina

– Cairan Dubur

– Asi

Cairan tubuh ini pun jika terkena kulit maka anda tidak langsung tertular. Cairan tersebut dapat tertular melalui hubungan seksual, jarum suntuk yang langsung masuk ke pembuluh darah serta dapat menular melalui prilaku oral seks.

Dan jika anda berpikir anda mungkin terinfeksi HIV, maka segera periksakan diri anda ke dokter atau rumah sakit terdekat, semakin cepat mengatasinya maka kemungkinan sembuh akan semakin besar. Berikut beberapa cara penularan HIV yang sering terjadi:

– Melakukan hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi hiv tanpa menggunakan alat pengaman atau menggunakan obat untuk mencegah atau mengobati HIV.

– Anal seks, yaitu berhubungan seksual melalui lubang dubur akan beresiko meningkatkan penularan HIV AIDS.

– Penggunaan jarum suntik secara bergantian dengan orang yang terinfeksi HIV, seperti yang digunakan pada pengguna narkoba.

– Penggunaan jarum suntik yang tidak steril oleh medis, ataupun jarum suntik digunakan berulang kali dimana sebelumnya telah digunakan pada seorang penderita HIV.
– Penularan ibu ke anak, dimana semasa kehamilan, kelahiran ataupun pada saat menyusui si ibu terinfeksi HIV. Jika tidak dilakukan pengobatan dan pencegahan HIV maka sang bayi pun dapat tertular HIV AIDS.

– Prilaku seks menyimpang seperti oral seks.

– Donor darah atau transplantasi organ, dimana si pendonor terinfeksi HIV.

– Berciuman dengan seorang penderita HIV AIDS dan pada saat ciuman orang tersebut terdapat luka yang mengeluarkan darah sehingga darah tersebut dapat menularkan HIV pada pasangannya. Namun HIV tidak akan menular melalui air liur.

Itulah beberapa cara penularan HIV AIDS yang wajib diketahui agar hidup anda dapat terhindar dari penyakit yang mengerikan ini. Hindari prilaku menyimpang seperti Seks bebas, penggunaan obat obataan terlarang. Selain dapat menyebabkan HIV AIDS prilaku menyimpang tersebut dapat membuat anda terjerumus dalam kehidupan yang kelam. Segera tinggalkan prilaku prilaku menyimpang tersebut mulailah dengan hidup sehat.

Banyak yang beranggapan selain hal diatas, HIV masih dapat tertular melalui media lain, namun para ahli telah menyimpulkan itu tidak benar, HIV tidak akan menular melalui :

– Udara atau air

– Gigitan nyamuk, kutu, atau serangga

– Air liur, air mata, keringat yang tidak bercampur dengan darah orang yang terinfeksi HIV

– Berjabat tangan, memeluk, mencium seorang penderita HIV

– Kegiatan seksual lainnya yang tidak menyebabkan pertukaran cairan tubuh (tidak bersentuhan alat kelamin ataupun darah)

Agar anda dapat terhindar dari bahaya HIV AIDS ini sangat mudah, anda hanya dengan menerapkan pola hidup sehat yang tidak menyimpang, berikut beberapa cara yang anda dapat lakukan agar terhindar dari penyakit HIV AIDS:

– Hindari seks bebas. Setialah pada satu pasangan anda, selain melindungi tubuh anda dari bahaya HIV AIDS, ini mengajarkan anda untuk menjadi pasangan yang setia.

– Jika anda berobat, maka mintalah jarum suntik yang steril dari dokter. Baca juga informasi penting tentang Obat Herbal HIV AIDS Terbaru Telah Ditemukan.

– Bagi anda para pencinta tatoo, harap selalu minta jarum suntik yang baru dan steril untuk menghindari penularan HIV AIDS

– Stop sekarang juga penggunaan obat obatan terlarang, terutama dengan menggunakan jarum suntik secara bergantian.

Sayangi tubuh anda, sayangi keluarga anda, dan sayangi orang orang disekitar anda. Penyakit HIV AIDS memang suatu penyakit yang menakutkan, namun dapat dihindari. Terapkan pola hidup sehat yang jauh dari prilaku prilaku negatif dan menyimpang. Dekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa agar terhindar dari prilaku seks bebas serta penggunaan obat obatan terlarang dimana keduanya adalah penyebab penularan HIV AIDS terbesar saat ini. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Sumber : www.aids.gov

Sharing is Caring...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.