Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Sebenarnya Apa Itu Penyakit Kista?

Apa itu Kista

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang apa itu penyakit kista. Kista merupakan suatu penyakit dengan timbulnya benjolan yang berbentuk benjolan seperti  kantung jaringan yang berisi cairan, nanah, atau gas (udara) dapat terbentuk dibawah permukaan kulit ataupun dapat muncul pada jaringan tubuh manapun.

Benjolan tersebut memiliki ukuran yang bervariasi, dapat berukuran sangat kecil hingga besar atau bahkan dengan ukuran tetap. Apabila benjolan tersebut besar hingga pecah, akan memberikan sakit pada penderita. Benjolan besar ini akan menghimpit bagian organ yang berada di dekatnya. Umumnya lebih sering ditemukan pada organ reproduksi wanita atau suatu kantung dalam rahim yang dinamakan kista ovarium.

Kista ini dapat terjadi pada siapapun tanpa mengenal usia, biasanya memasuki usia reproduktif dan sudah menstruasi. Penyakit kista juga bisa mengenai organ tubuh lainnya seperti ginjal,  hati, tergantung pada lokasi dimana benjolan tersebut muncul.

Apakah penyakit kista itu berbahaya???

Kista ini termasuk golongan tumor jinak. Namun, yang banyak ditakuti yaitu apabila penyakit kista tersebut menjadi ganas. Tetapi, berdasarkan teoritik sangat jarang kista menjadi ganas, kista fungsional yang sering terjadi dan sangat perlu diwaspadai apabila tidak segera ditangani dengan cepat , maka akan berkembang dan menimbulkan kanker. Sebaliknya, yang jarang tetapi dapat muda menjadi ganas yaitu kistadenoma yang terutama terjadi pada usia 30-50 tahun. Hal lain yang membuat kista itu berbahaya adalah apabila terpuntir. Yaitu dimana terjadinya suatu kondisi yang menimbulkan rasa sakit yang sangat sehingga memerlukan tindakan cepat untuk mencegah kista agar tidak sampai pecah. Jika, kista tersebut pecah akan dapat menimbulkan hal yang mungkin sangat berbahaya bagi penderita.

Wanita memiliki 2 buah ovarium pada sisi kanan dan kiri pada rahim dan bentuk serta ukurannya sebesar kacang almond. Setiap bulan, wanita menghasilkan sel telur yang berkembang  dan dilepaskan ketika siklus menstruasi pada tiap bulannya.

Sangat penting sekali, untuk Anda ketahui mengenai jenis penyakit kista indung telur (ovarium), berikut ulasannya :

  1. Kista ovarium fungsional

Merupakan salah satu hal yang normal dari siklus menstruasi dan termasuk kista yang umum sering terjadi serta tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya seiring waktu berjalan. Tetapi, kista jenis ini memiliki sifat kanker.

  1. Kista Dermoid

Kista ini berkembang dari sel yang digunakan untuk bertelur namun penyebabnya terjadi karena jaringan telur tidak dibuahi. Kista ini berbentuk benjolan pada permukaan kulit dan mempunyai potensi untuk tumbuh besat hingga mencapai 15cm. Namun bukan termasuk ke dalam kista yang ganas hanya saja memerlukan tindakan operasi atau pembedahan dalam menanganinya.

  1. Kista coklat endometriosis

Kista ini timbul dengan bergejala awal muncul cairan berwarna coklat kemerahan. Hal ini disebabkan lapisan dalam rahim berada diluar dinding ovarium atau tidak terletak pada rahim yang mengakibatkan apabila sedang haid amak darah haid tersebut akan terus menimbun hingga terbentuk kista.

  1. Kista kelenjar cystadenoma

Kista ini termasuk tumor jinak dimana ia muncul ke permukaan ovarium hingga berukuran besar, karena indung telur terus tumbuh menjadi kista dan dapat berkembang terus dalam ovarium.

Baca juga informasi menarik tentang Kenali 7 Faktor Penyebab Penyakit Kista Ovarium.

Salah satu langkah terbaik untuk Anda yaitu untuk rutin memeriksakan diri ke dokter karena mendeteksi dari dini keberadaan kista adalah solusi terbaik untuk terhindar dari aktivitas yang menjadi penyebab kista.

Iutlah informasi yang dapat kami bagikan tentang apa itu penyakit kista. Semoga dapat memberikan informasi yang ingin Anda peroleh.

Source : www.medicinenet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.