Aktivitas Ringan Untuk Penderita Jantung Bengkak

Aktivitas ringan untuk jantung bengkak

AKTIVITAS RINGAN UNTUK PENDERITA JANTUNG BENGKAK – Pada artikel sebelumnya kami membahas mengenai olah raga yang dapat dilakukan penderita jantung bengkak. Nah bagi Anda yang merasa terlalu berat atau tidak mampu dikarenakan dengan kondisi jantung yang tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga tersebut, Anda dapat melakukan aktivitas aktivitas ringan seperti yang akan kami bahas berikut ini.

Jantung adalah organ yang penting bagi tubuh, pada fungsi jantung ini dapat mengedarkan darah yang besertakan nutrisi dan oksigen yang baik bagi kesehatan tubuh.

Penyakit jantung atau dapat di sebut dengan penyakit kardiovaskular ini dapat di berikan jecak lahir (cacat sejak lahir).Jika peredaran darah berhenti karena tersumbat kolestrol maka dapat mengakibatkan hal yang fatal seperti penebalan otot jantung yang akan memberikan kerusakan pada jantung. Penyakit jantung seperti jantung koroner ini akan memberikan seseorang dalam kehilangan nyawanya. Penyakit jantung koroner ini penyebab kematian nomer satu di dunia. Selain jantung koroner penyakit jantung lainnya seperti jantung bengkak, dan jantung bocor.

Penderita jantung bengkak ini disarankan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup, melakukan olah raga rutin di setiap harinya minimal 30 menit dalam sehari, mengkonsumsi makanan yang rendah lemak. Pada penderita jantung bengkak ini di anjurkan melakukan olahraga dengan kemampuan fisiknya.

Artikel kali ini akan memberikan pemaparan informasi pada penderita jantung bengkak ini dapat melakukan aktivitas ringan, untuk membantu pemulihan kesehatan jantung,

Pada penderita jantung bengkak ini harus menghindari melakukan olahraga yang diluar kemampuan batas fisik, hindari melakukan push – up / sit –up,  tidak di anjurkan melakukan olahraga dalam sekaligus, mulailah melakukan olahraga dengan cara perlahan lahan, tidak di anjurkan melakukan aktivitas di luar ruangan saat udara dingin, lembab atau sangat panas.

Aktivitas ringan yang dapat dilakukan pada penderita jantung bengkak

Melakukan renang

Melakukan renang ini dapat menggerakan otot otot pada tubuh yang jarang di gerakkan. Pada olahraga ini dapat dikatakan sebagai olahraga yang menyenangkan. Selain menyehatkan renang ini dapat melancarkan sirkulasi pada darah , dan menjaga peredaran darah agar tetap normal. Selain itu melakukan renang juga dapat baik bagi detak jantung, menghilangkan stress, dan baik bagi pernafasan. Pada olahraga renang ini termasuk aerobik untuk melatih sistem kardiovaskular. Tanpa kita sadari melakukan olahraga renang ini dapat membakar lemak dan menormalkan kandungan darah atau kadar kolestrol dalam darah.

Jalan

Jalan kaki ini juga termasuk olahraga yang dapat memberikan manfaat bagi seluruh tubuh. Olahraga ini sangat praktis karena dapat dilakukan di mana saja dan kapanpun. Dengan melakukan 1 sampai 20 menit di per harinya akan merasakan tubuh menjadi lebih segar. Melakukan olahraga ini lebih baik pada tempat yang sejuk dan rindang. Saat melakukan olahraga janlan kaki ini akan memberikan kekayaan akan oksigen pada tubuh, dan secara tidak langsung akan memberikan dampak yang sangat baik pada kesehatan jantung.

Jogging

Melakukan lari lari kecil ini juga dapat bermanfaat bagi keadaan jantung. Biasanya melakukan olahraga ini dapat di lakukan bersama keluarga maupun teman teman. Bila dilakukan secara rutin dapat memperbaiki kondisi jantung. Jogging ini juga sanagt membantu bagi pernafasan dan juga peredaran darah. Bagi penderita jantung bengkak ini perhatikan kecepatan lari pada anda, jangan biarkan terlalu cepat dalam berlari.

Baca artikel terkait Olah Raga Bagi Penderita Jantung Bengkak.

Itulah beberapa rtikel yang dapat diterapkan bagi penderita penyakit jantung bengkak, melakukan olahraga bagi penderita jantung bengkak ini tidak boleh berlebihan agar kondisi jantung tetap stabil. Semoga bermanfaat.

Soruce : www.livestrong.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.